welcome to my blog...keep love, respect and unity...

Welcome

Delete this widget from your Dashboard and add your own words. This is just an example!

Jumat, 25 Mei 2012

Sistem Pemasaran PT J.A.Wattie

     Pemasaran seluruh komoditi yang dihasilkan oleh Perseroan dilaksanakan dengan cara penjualan bebas,
kecuali untuk produk CPO yang dijual dengan sistem tender. Secara khusus, untuk produk karet, Perseroan melakukan penjualan bebas dengan rata-rata forward sales untuk 3 (tiga) bulan ke depan sejumlah 75% dari estimasi produk bulanan. Sisanya dijual secara spot, sesuai dengan persediaan yang ada pada bulan yang bersangkutan. Untuk produk CPO, Perseroan melakukan penjualan dengan metode tender, untuk volume antara 1.000 – 3.000 ton setiap kali tender. Umumnya, Perseroan akan mengundang calon-calon pembeli yang telah terbiasa untuk mengangkut secara FOB dari pelabuhan Satui, Kalimantan Selatan. Untuk produk palm kernel dijual oleh Perseroan dengan penjualan bebas dan kondisi harga franco di gudang pembeli.
Penjualan biji kopi khusus untuk Grade-1 Robusta jenis Large dan Medium, dilakukan oleh Perseroan
dengan sistem C&F (cost and freight), secara forward sales, yang disesuaikan untuk pengiriman setelah
masa panen selesai. Sedangkan untuk produk dengan jenis lainnya dijual dengan penjualan bebas di
pasar domestik. Penjualan pucuk teh oleh Perseroan hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pabrik-pabrik teh dengan sistem kontrak jangka panjang.
Penetapan Harga
    Perseroan menetapkan harga berdasarkan harga pasar internasional. Untuk produk karet, Perseroan
menggunakan patokan harga dari Singapore Commodity Exchange (SICOM), Tokyo Exchange Commodity
(TOCOM), serta kondisi pasar karet secara umum. Untuk produk CPO dan inti sawit, Perseroan
menggunakan patokan harga dari Bursa Malaysia, Tender Astra dan PTPN. Sedangkan untuk harga
kopi, Perseroan menggunakan acuan harga dari Bursa Malaysia dan Bursa New York.
Konsumen
     Produk Perseroan di pasar merupakan salah satu produk yang berkualitas dan telah dikenal oleh para
pelanggannya. Penjualan produk dilakukan melalui pedagang-pedagang besar domestik dan internasional
yang merupakan pihak ketiga. Untuk pasar lokal, pelanggan Perseroan adalah para pedagang karet,
pabrik ban serta industri sepatu kecil dan menengah di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang
dan Surabaya. Sedangkan untuk pasar ekspor, pelanggan Perseroan merupakan pedagang karet di
wilayah Jepang, China, Hongkong, Singapura, Amerika Serikat, Kanada, Eropa dan Rusia

0 komentar:

Posting Komentar